Manfaat dan Bahaya Sinar X

06.57
Sinar X banyak digunakan dalam bidang kedokteran maupun bidang lain. Dalam bidang kedokteran sinar-X banyak digunakan untuk mengetahui kondisi tulang tubuh manusia. Dengan mengarahkan sinar-X ke tubuh manusia, sebagian sinar-X akan diteruskan dan sebagian diserap oleh tubuh manusia. Tulang akan menyerap sinar-X lebih banyak dibandingkan dengan bagian lain. Sinar yang telah menumbuk tubuh manusia akan ditangkap oleh sebuah pelat film. Perbahan akan dapat diamati pada pelat film. 
Karena intensitas sinar-X berubah-ubah sesuai dengan banyaknya sinar yang diserap, maka pada pelat film dapat diamati yang mana merupakan struktur tulang dan mana yang bukan tulang. Dengan peralatan konvensional tersebut hasil yang diperoleh masih tidak memuaskan karena diperoleh gambar yang tumpang tindih antara tulang yang satu dengan tulang yang lain.
Sejak komputer berkembang pesat, berkembang juga peralatan yang disebut computerized tomography (CT). Dengan peralatan ini komputerdapat menghilangkan gambar tulang sehingga diperoleh gambar tulang yang diinginkan, tidak tumpang tindih dengan gambar tulang yang lain.
Perkembangan teknologi yang berhubungan dengan sinar-X sudah berkembang pesat saat ini. Dalam ilmu kedokteran sudah terdapat spesialisasi menerjemahkan gambar yang diperoleh dari sinar-X (radiolog) dan ilmu khusus untuk mengoperasikan alat-alat sinar-X (Radiographer).
Dalam bidang industri, sinar-X banyak digunakan untuk mengetahui cacat yang ada dalam logam. Tentu saja logam yang bisa dideteksi cacatnya adalah logam yang dapat ditembus oleh sinar-X. Disamping itu, karena sinar-X adalah gelombang elektromagnetik yang panjang gelombangnya kecil, sinar-X sering digunakan untuk percobaan difraksi pada kristal padat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies Berbagi Pengetahuan and entirely the responsibility of the sender.

Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. Berbagi Pengetahuan will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.